Berau

Polisi Menduga Kebakaran Gedung Arsip DPUPR Berau Karena Kompor

Haloberau.com,TANJUNG REDEB – Polres Berau terus menyelidiki penyebab kebakaran dua bangunan di komplek Dinas Pekerjaan Umum dan Penataraan Ruang (PUPR) hari Rabu (5/2/2020) kemarin.

Kapolres Berau, AKBP Edy Setyanto melalui Kasat Reskrim, AKP Rengga Puspo Saputro mengatakan, dugaan sementara kebakaran yang menghanguskan rumah dinas dan ruang arsip Dinas PUPR Berau itu karena kompor.

Dugaan ini berdasarkan hasil penyelidikan dan keterangan para saksi-saksi di tempat kejadian.

“Ditambah dengan keterangan saksi sempat mendengar suara ledakan dari dalam rumah dinas, kemudian api merembet hingga ke ruang arsip,” kata AKP Rengga Puspo Saputro, Kamis (6/2/2020).

Diberitakan sebelumnya, sebuah rumah dan gedung arsip Dinas PUPR Berau, di Jl Gatot Subroto, Kecamatan Tanjung Redeb, ludes dilahap api pada Rabu (5/2/2020) sore kemarin.

Penghuni rumah, sekaligus penjaga kantor Dinas PUPR, Ahmad Ramali mengatakan, saat kejadian dirinya sedang berada di pasar, menemani istri berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Sementara di rumah ada anak Ahamda Ramali yang berusia 15 tahun.”Saat kejadian saya tidak ada dirumah cuman anak saya,” ujarnya.

Beruntung saat kejadian, anaknya langsung keluar menyelamatkan diri serta dan meminta pertolongan warga.

“Warga yang mendengar teriakan langsung melakukan pemadaman. Ada juga yanh menghubungi Pemadam Kebakaran,” jelasnya.

Petugas Pemadam Kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menerjunkan 6 unit mobil pemadam untuk mengendalikan api. Namun kedua bangunan tidak berhasil diselamatkan. Sleuruh dokumen berharga Dinas PUPR yang ada di gudang arsip berubah menjadi abu.(*)