BerauKaltimWisata

Adaptasi New Normal Berau, Kampung Mulai Buka Objek Wisata

TANJUNG REDEB, haloberau.com – Penerapan tatanan baru atau new normal telah dijalani selama dua pekan lebih. Adaptasinya ditengah masyarakat pun berjalan dengan baik, dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Terutama dibeberapa kantor, pusat layanan masyarakat, perbelanjaan dan wahana permainan. Bahkan satu atau dua kampung diwilayah pedalaman telah ada yang membuka objek wisatanya untuk pengunjung lokal.

Menanggapi hal tersebut, Wabup H. Agus Tantomo menyambut baik apa yang telah dilakukan pemerintah kampung.

Menurutnya, pembukaan objek wisata dikampung merupakan bagian kesiapan perangkat dan masyarakatnya. Sekaligus mengelorakan sektor wisata alam wilayah pedalaman.

“Ukuran siap itu ada dua, pertama masyarakat di kampung sudah memahami, dan kedua SOP pasti sudah ada,” ujarnya.

Wabup juga akan memberikan saran kepada tim Covid agar dapat memberikan sosialisasi. Terutama kepada masyarakat yang masih melakukan penolakan atau menutup kampung karena ada alasan takut wabah ini.

“Saya memahami yang dirasakan masyarakat. Tapi hal seperti ini tidak mungkin seterusnya dilakukan,” katanya

Ia mengajak masyarakat dan perangkat kampung agar memahami inti dari yang dimaksud new normal dimasa pandemi tiga bulan lalu.

Yang memang mengharuskan kita menerapkan protokol kesehatan, seperti cuci tangan, pakai masker hingga jaga jarak. Tetapi yang menjadi masalah, dan berdasarkan hasil penelitian WHO justru wabah ini diperkirakan tidak sebentar.

“Apa mungkin kita dirumah aja, ini tidak akan bisa. Tapi kedepan bagaimana kita melakukan aktivitas menghidupkan sektor wisata dan ekonomi masyarakat, dengan menerapkan protokol kesehatan tadi,” ujarnya.

Sumber: Pemkab Berau