AdvertorialBerauSosial

Ciptakan Masyarakat Mandiri, Disnakertrans Berau Bakal Gelar Pelatihan Cipta Kerja

Haloberau.com, TANJUNG REDEB – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakerstrans) Kabupaten Berau terus berupaya meningkatkan kemandirian masyarakat di Bumi Batiwakkal melalui berbagai kegiatan pelatihan. Guna menciptakan kemandirian masyarakat, Disnakertrans Berau akan kembali menggelar pelatihan pengolahan pupuk kompos yang rencananya akan dilaksanakan pada 18 November 2020 mendatang.

Kepala Disnakertrans, Junaidi, menuturkan bahwa program pelatihan tersebut sudah disosilasisasikan ke kecamatan hingga ke wilayah perkampungan yang ada di Kabupaten Berau, sehingga dari pihak kecamatan dan kampung lah yang akan memilih warganya untuk mengikuti pelatihan nanti. “Pelatihan ini untuk mengolah seperti daun-daunan kering maupun sisa makanan untuk dijadikan pupuk kompos karena kita tahu saat ini kebutuhan pupuk kompos cukup tinggi,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (6/11/2020).

“Pelatihan ini bertujuan untuk membangun masyarakat mandiri untuk dapat menciptakan penghasilan secara mandiri,” imbuhnya.

Lanjutnya, pelaksanaan pelatihan masyarakat mandiri ini akan diikuti oleh peserta berusia maksimal 30 tahun saja dan memiliki pendidikan minimal sekolah menengah atau SMP sederajat.“Warga yang dipilih untuk mengikuti pelatihan diharapkan bisa menjadi mandiri serta pengetahuan yang diperolehnya dapt diaplikasikan serta memberi masukan kepada masyarakat lainnya juga,” terangnya.

Untuk saat ini, kebutuhan terkait pupuk kompos cukup besar, apalagi sektor pertanian pun sedang digenjot untuk membantu pendapatan daerah. Tak hanya itu, beberapa kampung juga tampak sedang mengembangkan satu komuditas yang akan menjadi sektor produksi andalan mereka.

“Selain bisa menjadi usaha mandiri bagi para peserta, pelatihan ini diharapkan bisa memberikan manfaat ke lingkungan mereka dengan menciptakan usaha kerja baru untuk orang lain,” pungkasnya. (adv)