AdvertorialBerauKampungLingkungan

Tepian Buah Akan Manfaatkan Air Terjun Sebagai Sumber Mata Air Bersih

Haloberau.com, SEGAH – Pemerintah Kampung Tepian Buah merencanakan memanfaatkan obyek wisata Air Terjun Laluk Sawah sebagai sumber air bersih warga Kampung Tepian Buah.

Kepala Kampung Tepian Buah, Surua Emy Susianti, melalui Kasi Pemerintahan Kampung, Mulyono megatakan hal tersebut sudah masuk dalam perencanaan program kampung kedepan.

“Pemanfaatan air terjun Laluk Sawah sebagai sumber air bersih sudah direncanakan¬† dan dikaji. Kedepan akan kami upayakan agar terealisasi,” ungkapnya.

Pemanfaatan Air Terjun Laluk Sawah sebagai sumber air bersih dilakukan lantaran air di sungai segah yang menjadi sumber air bersih selama ini dinilai sudah tidak layak konsumsi.

“Di sini kita punya PDAM tapi airnya kan tetap dari sungai,” katanya.

“Air sungai di sini sudah tercemar akibat aktivitas tambang emas dan keberadaan perkebunan kelapa sawit,” tambahnya.

Keputusan tersebut dilakukan untuk memberikan pelayanan air bersih layak kepada masyarakat Kampung Tepiaj Buah. Namun kendalanya saat ini adalah anggaran yang cukup besar untuk mengelola air bersih dari lokasi air terjun.

“Jelas kita butuh anggaran yang cukup besar karena jarak air terjun cukup jauh sekitar 12 kilo meter,” terangnya.

“Kita harus menyediakan pipa airnya dan itu harganya cukup mahal,” imbuhnya.

Memanfaatkan Air Terjun Laluk Sawah sebagai kebutuhan air bersih di Kampung akan memberikan manfaat lainnya untuk kampung. Nantinya, pengelolaannya akan dikelolah dengan mandiri oleh kampung.

“Jika ini berhasil, pengelolaan air bersihnya akan dikelolah oleh Badan Usaha Milik Kampung,” tuturnya.

“Jadi tidak hanya megandalkan objek wisata alam, tapi ini juga akan memberikan manfaat lebih kepada kampung dan warga,” pungkasnya. (adv)